Jumat, 22 Juli 2011

MANAJEMEN DISTRIBUSI BISKUIT PT. SIANTAR TOP, Tbk SIDOARJO-INDONESIA

KESIMPULAN PRAKTEK KERJA LAPANG


Dari hasil Praktek Kerja Lapang yang dilaksanakan di PT. Siantar Top, Tbk Sidoarjo-Indonesia, dapat disimpulkan bahwa PT. Siantar Top, Tbk Sidoarjo adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan ringan khususnya biskuit, yang berdiri pada tahun 12 Mei 1987 di Jl. Tambah Sawah No. 21-23 Waru, Sidoarjo, Indonesia. Struktur organisasinya berbentuk garis, dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 743 orang utuk divisi biskuit.
Proses produksi di PT. STT merupakan proses produksi terputus-putus (Intermitten process). Tata letak fasilitasnya adalah product layout karena proses produksinya berurutan mulai dari bahan baku sampai produk jadi. Segmentasi pasar di PT. Siantar Top, Tbk bersifat universal, dengan daerah pemasaran meliputi pasar dalam negeri dan luar negeri. Sanitasinya meliputi sanitasi ruang produksi dan gudang, ruang kantor, pekerja, serta peralatan dan lingkungan pendukung. Limbah yang dihasilkan berupa limbah cair, limbah padat, dan limbah gas.
Manajemen distribusi dibagi menjadi 4 aspek meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Dalam aspek perencanaan kapasitas angkut, armada, daerah distribusi, produk dan prosesnya. Pengorganisaian digunakan struktur organisai garis. Pelaksanaan dilakukan dengan melakuakan penawaran atu order lewat distributor yang sudah melakukan kerjasama yaitu SND (Semestnustra Distrindo). Pengendalian digunakan pada pendistribusian merupakan permintaan order (PO), delivery order (DO), dan surat pengiriman barang (SPB) dan setelah pendistribusian metode service level , biaya pengiriman, Penolakan barang, dan rasio biaya ditribusi.
Saran
Diharapkan untuk kedepanya PT. Siantar Top, Tbk dapat meningkatkan dalam hal :
1.         Penambahan armada dan perluasan pasar perlu dipertimbangkan untuk dapat mengembangakan perusahaan tersebut.
2.         Riset secara berkala kepada konsumen, baik pelanggan maupun masyarakat pada umumnya dapat memperbanyak perbendaharaan masukan untuk kemajuan perusahaan.

2 komentar:

  1. hai, saya mau tanya banyak hal ttg artikelmu.. ada YM? thank you

    BalasHapus
  2. iya... blh silahkan ini artikel dari PKL saya. laksonofajar@yahoo.co.id trimakasih.

    BalasHapus