Sabtu, 28 April 2012

PERENCANAN PABRIK BISKUIT


Produk yang kami buat adalah “Uchiko Wafer”. Yaitu wafer cokelat yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan umur. Komposisi yang ada di dalamnya yaitu tepung tapioka, tepung kacang hijau, tepung gandum, gula, lemak  nabati, susu bubuk, dekstrosa, lesitin kedelai, garam, telur, bubuk vanili, soda kue, pasta cokelat. Pencampuran keseluruhan komposisi bahan tersebut tidak lain adalah untuk saling menunjangnya nilai gizi dari tiap campuran bahan baku.
Menurut Anonymous (2006), kombinasi tepung kacang hijau dengan tepung-tepungan lain (serealia, beras, gandum, dan lain-lain) dapat digunakan sebagai bahan makanan bayi dan anak balita yang bergizi dan bermutu tinggi. Kualitas protein dari bahan makanan campuran tersebut akan meningkat dibandingkan protein bahan-bahan aslinya. Hal ini disebabkan oleh terjadinya efek komplementasi, yaitu efek saling melengkapi kekurangan pada masing-masing bahan.
Kemasan produk dibuat sederhana agar praktis, namun desain kemasan dibuat semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk membeli. Menurut Winarno (1983), dari segi promosi kemasan berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Bahan kemasan yang umum untuk pengemasan produk hasil pertanian untuk tujuan pengangkutan atau distribusi adalah kayu, serat goni, plastik, kertas dan gelombang karton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar