Sabtu, 28 April 2012

PROSPEK DAN TREN INDUSTRI MINUMAN RINGAN INDONESIA MEMASUKI 2012


         Pertumbuhan ekonomi yang selalu berkembang. Tingkat konsumsi akan produk-produk pangan. Dengan berkekembang dan meningkatnya Urbanisasi. Urbanisasi merupakan suatu proses transformasi yang meliputi perpaduan dari banyak proses termasuk proses fisik, ekonomi, sosial, politik, budaya di wilayah pedesaan atau kota kecil menjadi suatu wilayah perkotaan. Berdasarkan pendapat di atas dan paparan hasil penelitian Firman di bawah ini bahwa pertumbuhan perkotaan tidak hanya terjadi di kota-kota besar saja tetapi kota-kota kecil pun mengalaminya walaupun dalam skala yang relatif kecil. Sehinggakemakmuran menjadi hal yang penting.
Prospek Ekonomi dan Industri Pangan Indonesia di tengah Kelesuan Ekonomi Global
Ketua GAPMMI, Adhi S.Lukman, dalam Business Outlook 2012, menyampaikan bahwa sejak beberapa tahun lalu perkembangan bisnis di bidang makanan dan minuman terus mengalami pertumbuhan yang positif. Untuk tahun 2012, diharapkan omzet industri makanan dan minuman akan tumbuh 8-10% atau lebih besar dari pertumbuhan tahun 2011 lalu yang mencapai 7-8%.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh realisasi beberapa investasi baru, kenaikan daya beli masyarakat seiringpertumbuhan ekonomi nasional sra pertumbuhan jumlah penduduk dengan rata-rata growth 1,49% per tahun dalam 10 tahun terakhir ini (Data BPS).
Investasi di bidang Makanan dan minuman tahun 2011 mencapai Rp. 13,2 trilyun. Tahun 2012 diharapkan investasi akan meningkat tajam, apalagi banyak minat perusahaan asing untuk masuk ke Indonesia, baik di industri mamin mau pun sektor retailer.
Krisis yang terjadi di Amerika erikat dan Eropa tentunya memberikan pengaruh terhadap ekonomi dunia, tapi tidak langsung berdampak negatif terhadap industri mamin nasional. Industri Makanan dan minuman akan tetap tumbuh seiring dengan pencapaian Indonesia pada level layak investasi yakni BBB dari lembaga peringkat Fitch Rating (Desember 2011) yang menempatkan Indonesia sejajar dengan negara-negara maju lainnya. Investor baru akan masuk ke industri makanan dan minuman pada 2012, Dengan jumlah penduduk 240 juta jiwa saat ini, pasar Industri makanan dan minumanIndonesia harus dimanfaatkan dengan baik, Jika tidak, kita akan dibanjiri produk impor.
            Kategori jenis minuman pada industri menjadi beberapa :
·         AMDK adalah air minum dalam kemasan. Air bahan baku yang telah di proses , dikemas dan aman untuk diminum atau dikonsumsi secara langsung mencakup air mineral dan demineral. Semua hal tentan minuman dalam kemasan pada SNI 01-3553-2006. Standar ini meliputi normatif, istilah dan definisi, syarat mutu, pengambilan contoh, cara uji, syarat lulus uji, hegiene, pengemasan dan syarat penendaan untuk air minum dalam kemasan.
·         Karbonasi merupakan minuman yang dibuat dengan mengabsorpsikan karbondioksida ke dalam air minum. Minuman ringan tanpa karbonasi adalah minuman selain minuman ringan dengan karbonasi. minuman yang dibuat dengan menambahkan CO2 dalam air minum sedangkan minuman ringan tanpa karbonasi adalah minuman selain minuman ringan dengan karbonasi.
o   Bahan makanan dan tambahan lainnya yang ditambahkan dalam minuman ringan terdiri dari:
1.    Bahan makanan alami meliputi buah-buahan dan / atau produk dari buah-buahan, daun-daunan dan/atau produk dari daun, akar-akaran, batang/kayu tumbuhan, rumput laut, susu dan / atau produk dari susu.
2.    Bahan makanan sintetik meliputi sari kelapa, vitamin, stimulan.
3.    Tambahan lainnya meliputi: pemberi rasa, pemberi asam, pemberi aroma, pewarna dan pengawet, garam.
·         Saribuah cairan yang dihasilkan dari pemerasan atau penghancuran buah segar yang telah masak. Pada prinsipnya dikenal 2 (dua) macam sari buah, yaitu :
o   Sari buah encer (dapat langsung diminum), yaitu cairan buah yang diperoleh dari pengepresan daging buah, dilanjutkan dengan penambahan air dan gula pasir.
o   Sari buah pekat/Sirup, yaitu cairan yang dihasilkan dari pengepresan daging buah dan dilanjutkan dengan proses pemekatan, baik dengan cara pendidihan biasa maupun dengan cara lain seperti penguapan dengan hampa udara, dan lain-lain. Sirup ini tidak dapat langsung diminum, tetapi harus diencerkan dulu dengan air (1 bagian sirup dengan 5 bagian air).
·         Isotonik merupakan minuman yang konsentrasinya sama dengan cairan tubuh. Saat ini banyak dipromosikan minuman-minuman yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang karena aktifitas sehari-hari. Larutan isotonik adalah suatu larutan yang mempunyai konsentrasi zat terlarut yang sama (tekanan osmotik yang sama) seperti larutan yang lain, sehingga tidak ada pergerakan air.
·         Teh merupakan  minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.
·         Kopi dan Susu merupak minuman yang di konsumsi karena manfaatnya untuk tubuh. Banyak sekalai manfaat hal dari minuman ini.
Tren Industri Minuman Ringan dan Prospek Pertumbuhan Tahun 2012
Pertumbuhan Industri Minuman Ringan baik yang sudah dicapai tahun 2011 maupun harapan untuk 2012 jauh lebih menggembirakan dibanding dengan industri mamin secara keseluruhan, karena investasi besar-besaran pada tahun 2011 aka menghasilkan produknya pada tahun 2012 ini. Iklim industri dengan pelbagai percepatan ekonomi dalam negeri mendorong kesempatan pasar yang besar dengan pertumbuhan tenaga kerja yang sangat pesat. Urbanisasi mendorong bisnis retail secara dramatis di mana-mana tumbuh mall dan super mall. Pada kenyataannya hal ini menciptakan pasar yang besar bagi industri minuman ringan. Dengan slogan 2 liter air minum per hari, kini AMDK tumbuh secara mengejutkan. Saat ini ada 1000 merek AMDK di bawah 473 perusahaan.
            Pertumbuhan rata-rata Minuman Ringan mencapai 12-13% di 2011 dan akan terus meningkat di tahun 2012 dan seterusnya. Investasi baru di pasar yang masih berkembang pesat memerlukan visi yang tepat, bukan saja dari segi pilihan
jenis produk tapi juga pilihan segment pasar. Tahun 2012 adalah waktu yang tepat, sebelum indonesia disibukkan lagi oleh urusan Pilpres dan Pemilu 2014 Krisis Amerika Serikat dan Eropa tidak berpengaruh besar terhadap ekonomi Indonesia. Karena itu kita songsong tahun Naga Air ini dengan harapan yang besar dan bersemangat tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar